Pages

Subscribe:

Selasa, 09 Agustus 2011

Pemain-pemain Muda ini Bakal Bersinar



Henderson (Getty Images)

Jakarta - Liga Inggris musim 2011/2012 akan segera bergulir. Menarik untuk mencermati beberapa pemain muda yang diprediksi bakal bersinar.

Musim lalu, panggung Premier League menyajikan nama Javier 'Chicharito' Hernandez (23) sebagai salah saturising star. Tampil di musim debutnya, Chicharito langsung nyetel dengan pola permainan Manchester United dan sukses mencetak 13 gol sepanjang musim kemarin.

Di Arsenal, ada Jack Wilshere. Meski 2010/2011 bukanlah musim debutnya, namun baru pada musim itu ia dipercaya tampil lebih banyak. Usianya baru 19 tahun tapi tampil lugas kala ditugasi Arsene Wenger menjadi gelandang tengah The Gunners. Permainan cemerlangnya pun diganjar dengan panggilan dari timnas Inggris.

Baik Chicharito dan Wilshere diekspektasikan untuk melanjutkan penampilan bagus mereka. Musim 2011/2012 pun bakal menjadi pembuktian bahwa mereka tak sekadar bersinar hanya satu musim saja, plus ajang untuk semakin mematangkan diri.

Sementara itu, tren di bursa transfer musim panas menunjukkan klub-klub top Premier League lebih banyak mendatangkan talenta-talenta muda ketimbang pemain bintang. Liverpool membeli Jordan Henderson, sementara Manchester United memboyong Phil Jones dan David De Gea. Arsenal? Mereka mendatangkan Carl Jenkinson dan Alex Oxlade-Chamberlain.

Berikut adalah beberapa nama yang diprediksi bisa bersinar di Premier League musim ini.

Daniel Sturridge

Bersama Josh McEachran, Sturridge (21) dipuji oleh Andre Villas-Boas sebagai pemain muda paling mencuat di dalam skuad. Villas-Boas memang berencana merotasi pemain-pemain senior yang sudah berusia kepala 3 dengan para youngster demi menjaga kebugaran tim.

Sturridge tampil tajam pada masa peminjaman di Bolton Wanderers pada paruh kedua musim lalu, di mana ia mencetak delapan gol dalam 12 pertandingan. Sturridge juga mencetak dua gol ke gawang Glasgow Rangers pada pertandingan ujicoba, meski ia sendiri mengakui bahwa kondisi fisiknya belum kembali ke level puncak.

Jordan Henderson

Debutnya di Premier League terjadi pada 2009/10 bersama Sunderland. Tapi, baru pada musim lalu penampilannya benar-benar solid. Alhasil Henderson pun dipanggil Inggris untuk menghadapi Prancis pada laga ujicoba, November 2010. Henderson langsung diturunkan dan diduetkan dengan Steven Gerrard, yang kelak akan menjadi rekan setimnya, di lini tengahThree Lions.

Oleh situs resmi FIFA, Henderson disebut tak hanya memiliki tubuh atletis dan fisik yang kuat, tetapi juga ketenangan. Oleh manajernya di Sunderland, Steve Bruce, Henderson dijuluki sebagai pesepakbola muda terbaik di Inggris.

Tom Cleverley

Di tengah cerita dan banyak kabar mengenai pendekatan Manchester United terhadap Wesley Sneijder, menyembul nama Cleverley. Gelandang 21 tahun ini disebut-sebut Sir Alex Ferguson cocok untuk menggantikan Paul Scholes--sehingga manajer asal Skotlandia itu mengaku jika tak mendapatkan Sneijder, dia tak akan rugi.

Cleverley dipuji Ferguson selama masa ujicoba pra-musim. Ia memang tak memiliki tendangan keras ala Scholes, tapi dia mampu memberikan operan dengan baik, plus pergerakan yang lugas.

David De Gea

Namanya menjadi hype ketika tampil bagus untuk Atletico Madrid. Usianya baru 21 tahun, namun refleksnya dalam memblok bola patut diacungi jempol. Kepiawaian De Gea di bawah gawang juga menjadi salah satu faktor kemenangan Spanyol di Piala Eropa U-21 2011 lalu. Sebagai catatan, Spanyol hanya kebobolan dua gol pada turnamen itu.

Namun, setelah gawangnya kebobolan dua gol pada laga Community Shield akhir pekan silam, Sabtu (6/8/2011), De Gea menyadari bahwa ia masih harus beradaptasi dengan Premier League. Sir Alex Ferguson juga telah meminta dirinya untuk memperlancar Bahasa Inggris-nya.

Alex Oxlade-Chamberlain

Namanya memang tak setenar nama-nama di atas, tapi Oxlade-Chamberlain mampu menarik minat Arsene Wenger--salah seorang pelatih yang memang terkenal gemar memoles bakat-bakat muda. Usianya baru 17 tahun dan menghabiskan sepanjang musim lalu dengan bermain di League One bersama Southampton.

Untuk ringkasan permainannya musim lalu, winger yang mengaku mengidolai Thierry Henry ini tampil sebanyak 36 kali dan mencetak 9 gol. Ia juga masuk ke dalam PFA League One Team of the Year untuk musim lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

tak kenal maka tak nornal